Monday, May 12, 2008

SHINNING LIKE DANIEL


SHINNING LIKE DANIEL

KPR PBIS AMBON

Daniel 1 : 1 – 20. Melalui Aspenas oleh perintah Raja Nebukadnezar nama-nama pemuda Yahudi itu diganti / ditukar, diantaranya : Daniel diganti dengan Beltsazar.

1. Daniel berarti : Allah adalah hakimku

2. Beltsazar berarti : Bel ( Dewa Babel ) melindungi hidupnya

Dari pergantian nama dimaksudkan agar Daniel melupakan hubungannya dengan Tuhannya dan mempunyai hubungan dengan dewa-dewa Babel. Nebukadnezar sendiri memiliki arti : Nebo ( dewa Babel ) mempertahankan perbatasan.

A P L I K A S I

Iblis ingin agar anak-anak Tuhan lupa akan perbuatan, kasih, kebesaran maupun kemuliaan Tuhan. Perhatikanlah Allah sendiri melakukan perubahan nama terhadap orang-orang pilihanNya, supaya mereka berkiprah bagi Allah dan bukan bagi diri mereka atau yang lain. Kita melihat : Abram diganti Abraham, Sarai jadi Sara, Simon jadi Petrus. Dengan maksud agar roh mereka terikat dengan Allah. Demikian juga kita yang disebut Orang Kristen, Anak-Anak Allah.

SHINNING LIKE D A N I E L

1. MEMILIKI STANDART BERBEDA ( Daniel 1 : 8 – 10 )

Niat hati yang berdasarkan kebenaran adalah daya tahan yang ampuh terhadap godaan yang ditawarkan kepada kita. Daniel ingin menurut kehendak Allah dan bukan kehendak manusia maka ia memiliki pendirian yang teguh.

Kekuatan hati Daniel bersumber pada Firman Tuhan yang berakar dalam dirinya :

a. Hukum Taurat mengajar adanya makanan yang haram ( Imamat 10 : 8 – 9, 11 )

b. Pengaruh dua orang tokoh besar : Raja Yosia & Nabi Yeremia yang cinta Tuhan. Daniel ditawan tahun 605 SM ---- tentunya hidup dalam pemerintahan Raja Yosia ( 640 – 608 SM. Yeremia bernubuat pada jaman Yosia – Zedekia ( Yer 1 : 1 – 3 ).

Ukuran Daniel bukan dosa atau tidak, tapi juga sehat atau tidak. Inilah standart yang berbeda dengan orang lain. Sehingga Daniel lebih cerdas dan sehat dari yang lain bahkan dikatan 10 kali lebih baik ( Ayat 20 ).

Kalau ingin menjadi seperti Daniel naikkan standart kita baik di kerja, kuliah, pacaran. Hari ini apabila roh kita bangkit, jadilah berbeda dengan memiliki standart

2. MENGENAL INTIM SECARA PERSONAL ( Daniel 6 : 11, 11 : 31 – 32 )

Bertumbuh dalam pengenalan akan Allah memerlukan suatu hubungan yang intim, special. Semakin intim semakin mengenal Allah. Kata Mengenal dalam Daniel ( 11 : 31 – 32 ) sama dengan Kejadian 4 : 1. Kata mengenal disini bahasa aslinya ( Ibrani ) : Yadah è Mengenal intim secara personal . Tidak cukup hanya ke gereja tapi setiap hari. Sehingga kita mengenal Allah kita, sehingga kita dapat bertahan dan menghancurkan kerajaan kegelapan.


3. KEKUATAN PADA FOKUS ( Daniel 6 : 1 – 29 )

Nabi Nuh dapat menyelesaikan bahtera sebab memiliki focus. Meskipun para pengejek menyalak tapi Nuh tetap mengerjakan perintah Tuhan. Yusuf memiliki focus yang kuat meskipun menghadapi rintangan dan cobaan. Manusia Yesus memiliki focus yang luar biasa melakukan kehendak Bapa, biarpun cawan penderitaan harus diminumnya.. Demikian juga Daniel, hidup dalam suatu tantangan iman. Tapi Daniel memiliki focus Iman. Karena fokusnya pada Allah maka Ia siap dan bersedia mengalami ujian. Orang yang siap, bersedia mengalami ujian berarti dirinya dipersenjatai dengan penderitaan ( I Petrus 4 : 1 – 2 ). Karena focus itulah iblis dikalahkan

Konsistensi diperlukan dalam membidik sebuah focus. Fokus tanpa disertai konsistensi akan kehilangan arti sebenarnya karena focus adalah kumpulan dari konsistensi yang berpadu dalam waktu dan tempat yang sama sehingga membawa dampak yang besar.

DANIEL PASAL 3

1. Persoalannya : Penyembahan
2.
Sadrakh, Mesa & Abednego Hanya mau menyembah Allah, Allah, meskipun ada ancaman

dimasukkan ke dalam dapur api (kematian)

3. Api tidak berdaya

4. Allah dihormati Nebukadnezar

5. Sadrakh, Mesa & Abednego diangkat


DANIEL PASAL 6

1. Persoalannya : Penyembahan

2. Daniel hanya mau menyembah Allah, meskipun ada ancaman dimasukkan ke dalam gua singa ( kematian )

3. Singa tidak berdaya

4. Allah dihormati Raja Darius

5. Daniel diangkat & dimuliakan

atau dimuliakan

BIDIK PEMUDA - WIM AGWIN


No comments: